Wuling Gelar Aftersales Skill Contest 2025 dengan Mengusung Tema 'Worry Free: Fix it First Time' | Wuling

Press Release

Wuling Gelar Aftersales Skill Contest 2025 dengan Mengusung Tema ‘Worry Free: Fix it First Time’

10 November, 2025

Image Wuling Gelar Aftersales Skill Contest 2025 dengan Mengusung Tema ‘Worry Free: Fix it First Time’

Ada 12 pemenang dari 4 kategori yakni Service Advisor,Customer Care Officer,Technician EV dan Technician ICE

Cikarang, 9 November 2025 – Wuling Motors (Wuling) menegaskan komitmennya terhadap peningkatan kualitas layanan purna jual dengan menggelar Aftersales Skill Contest 2025 pada hari Sabtu, 8 November 2025 kemarin. Kompetisi tahunan ini digelar di Pabrik Wuling di Cikarang, Jawa Barat, dan dilanjutkan dengan malam penghargaan di Harper Hall Cikarang. Kontes layanan purna jual ini mengusung tema ‘Worry Free: Fix it First Time’. Tema ini mencerminkan semangat Wuling untuk menghadirkan ketenangan dan rasa aman bagi pelanggan melalui layanan yang berkualitas, cepat, dan penuh kepedulian.

“Aftersales memiliki peran strategis dalam membangun kepercayaan pelanggan terhadap Wuling. Selaras dengan semangat ‘Worry Free: Fix It First Time’,  kami ingin menegaskan arah besar Wuling dalam mewujudkan layanan purna jual yang terpercaya, efisien, dan konsisten. Kami percaya, sinergi antara tim manufaktur dan layanan purna jual merupakan kunci dalam memastikan setiap pelanggan mendapatkan pengalaman terbaik,” ungkap Arif Pramadana, Vice President Wuling Motors dalam sambutannya di acara pembukaan Wuling Aftersales Skill Contest 2025.

Adapun sebelum memulai kontes babak final dari layanan purna jual ini, turut dilaksanakan juga sebuah seremoni secara simbolis berupa penandatanganan komitmen bersama untuk meningkatkan kepuasan pelanggan melalui layanan worry free. Komitmen ini berisikan produk yang baik, kualitas yang baik dan layanan yang baik untuk menghadirkan pengalaman konsumen yang puas akan produk dan layanan dari Wuling.

Seremoni 1000x667

Wuling Aftersales Skill Contest 2025 merupakan ajang tahunan untuk kompetisi dan pembelajaran bagi tenaga aftersales yang tersebar di seluruh jaringan diler Wuling yang tersebar di seluruh Indonesia. Tahun ini, tercatat ada sebanyak 228 peserta yang berpartisipasi dari berbagai wilayah dalam 4 kategori kelas yakni Service Advisor, Customer Care Officer, Technician  untuk ICE, dan Technician untuk EV.

Kompetisi dimulai sejak Mei 2025, melalui tahap seleksi pra-kualifikasi nasional berbasis sistem pelatihan daring. Peserta kemudian mengikuti dua tahap seleksi nasional yang mencakup ujian teori dan studi kasus teknis. Di tahap ini, 90 peserta dengan nilai tertinggi melaju ke seleksi nasional tahap kedua yang dilakukan secara daring. Dari hasil penilaian tersebut, 60 peserta terbaik terpilih untuk melanjutkan ke tahap Dealer Group Selection.

Dalam babak final para finalis Aftersales Skill Contest 2025 diuji melalui simulasi kerja nyata dan role play salah satunya adalah wawancara layanan pelanggan 1000x667

Pada tahap Dealer Group Selection, setiap diler akan melakukan training camp untuk meningkatkan kompetensi teknis dan pelayanan peserta. Di tahap ini, 30 peserta terbaik akan melaju ke Final Contest yang digelar secara langsung di pabrik Wuling di Cikarang. Dalam babak final ini, para finalis diuji melalui simulasi kerja nyata dan role play, mencakup penanganan masalah pelanggan untuk Service Advisor dan Customer Care Officer, wawancara layanan pelanggan, serta uji teknis kendaraan ICE dan EV bagi teknisi. Setelah melalui proses penjurian yang ketat, Wuling menetapkan 12 pemenang nasional, terdiri dari tiga pemenang di masing-masing kategori Service Advisor, Customer Care Officer, ICE Technician, dan EV Technician.

“Kami ucapkan selamat untuk 12 Pemenang dalam kompetisi ini. Aftersales Skill Contest merupakan bentuk nyata komitmen Wuling dalam mengasah kemampuan dan menanamkan budaya kerja berorientasi pada kepuasan pelanggan. Kami ingin memastikan bahwa pelayanan yang diberikan tidak hanya cepat, tetapi juga tepat dan penuh tanggung jawab. Sejalan dengan tema ‘Worry Free: Fix it First Time’, kami ingin seluruh tim aftersales mampu memberikan rasa aman dan kepercayaan kepada pelanggan di setiap layanan,”  jelas Maulana Hakim, Aftersales Director Wuling Motors dalam awarding night Wuling Aftersales Skill Contest 2025.

Para finalis Aftersales Skill Contest juga diuji perihal teknis kendaraan EV bagi para teknisi. 1000x667

Sejak pertama kali digelar pada tahun 2018, Aftersales Skill Contest telah menjadi bagian penting dari perjalanan Wuling di Indonesia. Kompetisi ini awalnya diselenggarakan bersama Sales Contest pada tahun 2018 dan 2019. Setelah sempat terhenti selama periode 2020-2023 akibat pandemi, ajang ini kembali diadakan pada tahun 2024 dengan antusiasme tinggi dari peserta di seluruh jaringan diler.  Tahun 2025 menandai langkah lanjutan Wuling dalam memperkuat standar pelatihan dan kompetensi layanan purna jual secara nasional, sekaligus menunjukkan kesinambungan upaya perusahaan dalam menjaga kepuasan pelanggan melalui tenaga aftersales yang profesional dan andal.

Dalam kontes ini, para pemenang dinilai berdasarkan kompetensi teknis, kemampuan komunikasi, dan penerapan nilai layanan worry free sesuai standar Wuling. Dengan semangat ‘Drive For A Better Life’, Wuling kembali menegaskan komitmennya untuk terus meningkatkan kompetensi sumber daya manusia, memperkuat standar layanan di seluruh jaringan diler, dan mewujudkan pengalaman ‘Worry Free’ bagi pelanggan di Indonesia.

Para finalis Aftersales Skill Contest juga diuji perihal teknis kendaraan ICE bagi para teknisi. 1000x667

Daftar 12 Pemenang Wuling Aftersales Skill Contest 2025 ‘Worry Free: Fix It First Time’

Best Customer Care Officer

Gold Champion – Dea Tauladani Putri (Wuling Arista Bogor)

Silver Champion – Milawati (Wuling Arista Sidoarjo)

Bronze Champion – Dwi Gustini Wati (Wuling Arista Cirebon)

Best ICE Technician

Gold Champion – Indra Lesmana (Wuling Arista Bandung PH Mustofa)

Silver Champion – Aris Wahono (Wuling Perdana Kediri)

Bronze Champion – Habib Murtadho (Wuling Arista Jemursari)

Best EV Technician

Gold Champion – Wisnu Adriyan (Wuling AJM Yogyakarta)

Silver Champion – Aldi Vebriansyah (Wuling Arista Cirebon)

Bronze Champion – Indra Lesmana (Wuling Arista Bandung PH Mustofa)

Best Service Advisor

Gold Champion – Deni Prayogi (Wuling Arista Cengkareng)

Silver Champion – M. Safi’i (Wuling BLSS Basuki Rahmat)

Bronze Champion – Rizky Rifal Ardiansyah (Wuling AJM Tegal)

Banner Cortez CT Mobil Keluarga Terbaik