Bahaya Highway Hypnosis Saat Mudik & Cara Mengatasinya | Wuling

Life Style

Bahaya Highway Hypnosis Saat Mudik & Cara Mengatasinya

27 Februari, 2024

Image Bahaya Highway Hypnosis Saat Mudik & Cara Mengatasinya

Saat berkendara jarak jauh, terutama saat mudik lebaran, kita mungkin pernah mengalami kejadian di mana tiba-tiba kita merasa seperti terhipnotis dan tidak sadar telah menempuh jarak yang cukup jauh. Kondisi ini disebut dengan highway hypnosis atau hipnosis jalan raya.

Highway hypnosis menjadi bahaya yang sangat serius bagi pengemudi saat berkendara dalam jangka waktu yang lama. Hal ini dapat meningkatkan risiko kecelakaan dan cedera. Apakah bisa dihindari? Berikut penjelasan pengertian, bahaya, serta cara mengatasinya.

Apa Itu Highway Hypnosis?

Highway hypnosis adalah kondisi saat seseorang mengalami kebosanan dan monotoni saat berkendara di jalan raya yang lurus dan tanpa banyak perubahan. Kondisi ini menyebabkan otak seseorang tidak lagi aktif dan fokus saat berkendara, dan mengakibatkan pengendara tidak sadar telah menempuh jarak yang jauh tanpa disadari.

Dalam keadaan ini, pikiran sadar pengemudi seolah-olah fokus pada hal lain, sementara masih dapat merespon situasi di sekitarnya dengan aman dan benar. Kondisi ini merupakan salah satu bentuk dari proses otomatisasi pada kondisi mental.

Sebenarnya, kondisi ini tidak hanya terjadi saat berkendara, tetapi juga pada aktivitas rutin lainnya seperti bekerja atau berjalan-jalan. Beberapa tanda yang bisa menunjukkan bahwa seseorang mengalami highway hypnosis antara lain:

  • Mengantuk
  • Kehilangan konsentrasi atau kebingungan
  • Pikiran melayang
  • Perasaan tumpul atau linglung
  • Waktu reaksi lambat
  • Kelopak mata berat atau sering berkedip

Dilansir Healthline, berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan highway hypnosis antara lain:

  • Jalan yang monoton
  • Kurangnya perhatian otak
  • Kelelahan atau kurang tidur

Bahaya Highway Hypnosis

Cara Mencegah Highway Hypnosis

Kondisi ini bisa berbahaya karena dapat meningkatkan risiko kecelakaan di jalan. Tandanya mirip dengan pengemudi yang mengantuk. Meski sepele, kasus pengemudi mengantuk, mengutip caraccidenthelp.com, telah menyebabkan sekitar 100.000 kecelakaan mobil setiap tahun dan menewaskan sekitar 6.500 orang,

Layaknya mengemudikan kendaraan dalam kondisi mengantuk, kondisi seperti ini juga mengurangi kemampuan Anda untuk merespon situasi yang tak terduga yang muncul di jalan. Kondisi ini memiliki bahaya yang cukup serius jika tidak ditangani dengan baik. Berikut ini adalah beberapa bahayanya:

  1. Kecelakaan yang serius: dapat membuat pengendara tidak sadar akan kondisi di sekitarnya, sehingga meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan.
  2. Kehilangan kendali: Saat kondisi ini terjadi, pengendara tidak lagi fokus dan aktif dalam mengemudikan mobil, sehingga membuat pengendara kehilangan kendali atas mobilnya.
  3. Meningkatkan risiko stres: Kondisi dapat menyebabkan pengendara merasa lelah dan stres, sehingga meningkatkan risiko terjadinya stres saat berkendara.

Cara Mencegah Highway Hypnosis

Jika Anda mengalami kondisi ini, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyadari bahwa Anda sedang dalam keadaan tidak sadar dan berbahaya. Kemudian, Anda harus mencari tempat yang aman untuk berhenti dan istirahat sejenak. Jangan memaksakan diri untuk terus mengemudi jika Anda merasa lelah atau bosan.

Selain itu, hindari berkendara terlalu lama dalam satu waktu. Idealnya, jangan berkendara lebih dari 2-3 jam dalam satu waktu, dan beri jeda istirahat selama 15-30 menit setiap 2-3 jam untuk menghindari kondisi berbahaya ini.

Menggunakan fitur keselamatan pada mobil juga dapat membantu mencegah terjadinya highway hypnosis. Almaz Hybrid, sebagai salah satu mobil hybrid Wuling dengan teknologi fitur keselamatan ADAS yang dilengkapi dengan SDW (Safe Distance Warning) dan LDW (Lane Departure Warning). Fitur ini membantu pengemudi meningkatkan keamanan dan waspada ketika berkendara di berbagai kondisi jalan. Fitur SDW dapat memberikan peringatan jika jarak dengan kendaraan di depan terlalu dekat, sementara fitur LDW dapat memberikan peringatan jika kendaraan keluar dari jalur tanpa sengaja.

Anda juga bisa melakukan beberapa hal untuk meningkatkan kewaspadaan Anda saat mengemudi, seperti:

  1. Mengubah posisi duduk atau setir
  2. Mendengarkan musik atau podcast yang menarik perhatian
  3. Mengobrol dengan penumpang atau menelepon seseorang melalui hands-free device
  4. Menghindari alkohol, obat-obatan, atau zat-zat lain yang dapat memengaruhi kemampuan mengemudi

Selain itu, Anda juga bisa mencegah highway hypnosis dengan cara:

  1. Memastikan cukup tidur sebelum mengemudi
  2. Membuat rencana perjalanan dan mengetahui rute serta kondisi lalu lintas
  3. Mengemudi pada waktu-waktu yang tidak terlalu ramai atau membosankan

Sebagai kesimpulan, highway hypnosis adalah keadaan bahaya yang sangat serius bagi pengemudi saat berkendara dalam jangka waktu lama yang dapat menyebabkan menurunnya konsentrasi, kecelakaan lalu lintas, kehilangan konsentrasi dan perasaan jenuh. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, ada beberapa cara yang dapat dilakukan, yaitu istirahat cukup, menghindari berkendara terlalu lama dalam satu waktu, dan menggunakan fitur keselamatan pada mobil seperti SDW atau LDW. Dalam hal ini, Almaz Hybrid bisa menjadi pilihan mobil yang aman dan nyaman untuk perjalanan Anda.

Banner Cortez CT Mobil Keluarga Terbaik