Gigi Transmisi Mobil Loncat: Ini Penyebab dan Mengatasinya | Wuling

Auto Tips

Gigi Transmisi Mobil Loncat? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

30 April, 2024

Image Gigi Transmisi Mobil Loncat? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bagi pengendara mobil, terutama yang bertransmisi manual, ada kalanya mengalami sebuah masalah ketika memindahkan gigi transmisi. Salah satunya ialah mengalami perpindahan transmisi ke posisi netral secara tiba-tiba.

Perpindahan gigi transmisi ini biasa disebut dengan istilah gigi loncat. Jika tidak diatasi segera, gigi loncat akan menimbulkan berbagai masalah. Salah satu masalah yang tampaknya kecil, namun menunjukkan kerusakan yang signifikan.

Masalah ini dapat menunjukkan bahwa transmisi mobil Anda membutuhkan perawatan khusus, karena bukan hanya mengganggu saat mengemudi saja. Ketika terjadi kerusakan parah dapat mengurangi keselamatan saat berkendara.

Untuk terhindar dari masalah yang disebabkan oleh masalah yang dianggap sepele, jangan sampai melewatkan perhatian untuk keselamatan dalam berkendara. Mari simak penjelasan mengenai penyebab gigi transmisi loncat dan cara mengatasinya.

Apa Penyebab Gigi Transmisi Loncat?

Apa Penyebab Gigi Transmisi Loncat?

Ada beberapa penyebab dari gigi transmisi loncat, masalah utamanya biasanya pada komponen mobil yang sudah rusak dan aus. Selain itu disebabkan oleh faktor kebiasaan mengemudi yang kurang tepat. Berikut penyebab gigi transmisi loncat:

  • Roda Gigi Aus

Roda gigi transmisi bertanggung jawab untuk mengubah kecepatan dan torsi mesin ke roda mobil. Namun, selama waktu yang lama, roda gigi dapat rusak. Pemeriksaan rutin dan penanganan dini keausan pada roda gigi sangat penting karena menyebabkan gigi transmisi mobil loncat dari posisinya saat mengganti gigi.

  • Blocking Ring Aus

Blocking ring, juga disebut synchronizer ring, adalah bagian transmisi yang membantu menyinkronkan kecepatan roda gigi sebelum gigi menyatu. Fungsi ring penghalang ini sangat penting untuk memastikan perpindahan gigi yang halus.

Jika ring penghalang rusak atau aus, proses sinkronisasi terganggu. Hal ini membuat mengganti gigi menjadi sulit dan dapat menyebabkan gigi transmisi loncat dari posisinya.  Jika Anda menemukan masalah dengan blok ring, komponen ini harus diganti dengan yang baru. Setelah itu, transmisi akan berfungsi seperti biasa.

  • Kerusakan pada Synchromesh

Kerusakan pada synchromesh adalah penyebab berikutnya gigi transmisi mobil loncat. Proses yang dikenal sebagai synchromesh memungkinkan perpindahan gigi dilakukan dengan lancar tanpa menghasilkan suara yang tidak menyenangkan.

Untuk mencapai tujuan ini, roda gigi harus bergerak pada kecepatan yang sama sebelum menyatu, jika synchromesh rusak, perpindahan gigi dan gigi transmisi akan sulit. Gigi transmisi cenderung loncat dari posisinya.

  • Bobot Muatan Berlebih

Mengangkut banyak muatan bisa menjadi salah satu penyebab gigi transmisi mobil loncat. Mengangkut beban berat di atas kapasitas kendaraan dapat meningkatkan tekanan pada sistem transmisi:

Ada kemungkinan gigi akan loncat dari posisinya karena beban yang berlebihan pada roda gigi. Hindari mengangkut barang yang melebihi kapasitas muatan maksimum kendaraan Anda.

  • Mengganti Gigi yang Tidak Tepat

Salah satu alasan lain gigi transmisi mobil loncat adalah penggantian gigi yang salah. Saat mengganti bagian transmisi, sangat penting untuk memastikan bahwa Anda telah mengganti gigi transmisi dengan tepat. Menggunakan roda gigi yang tidak sesuai spesifikasi dapat menyebabkan masalah perpindahan gigi, termasuk gigi yang loncat dari posisinya.

  • Setelan Kopling yang Kurang Tepat

Setelan kopling yang tidak tepat juga dapat menyebabkan gigi loncat, yang menyebabkan transmisi nyangkut dan sulit untuk masuk. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mengubah pijakan kopling yang lebih dangkal atau kurang dalam dengan melakukan perbaikan kedalaman kopling.

  • Clutch Cover Kopling yang Lemah

Melemahnya clutch cover kopling adalah penyebab berikutnya dari gigi transmisi loncat. Komponen sistem kopling ini memiliki fungsi untuk menjepit kampas kopling.

Untuk mengatasi masalah ini, jika kerusakan cukup kecil, dapat diperbaiki, dan jika kerusakan sangat parah, dapat diganti dengan bagian yang baru.

  • Faktor Usia Pemakaian

Setelah waktunya, setiap komponen harus diganti; jika tidak dilakukan, itu dapat menyebabkan ketidaknyamanan saat berkendara. Jika kendaraan Anda sudah berusia cukup lama, sangat penting untuk melakukan perawatan rutin. Jika kendaraan sudah berusia cukup lama, Anda dapat mengganti komponennya dengan yang baru.

Cara Mengatasi Gigi Transmisi Loncat pada Mobil

Cara Mengatasi Gigi Transmisi Loncat pada Mobil

Dalam mengatasi gigi transmisi loncat, Anda dapat melakukan beberapa cara di bawah ini:

  • Ganti Komponen yang Rusak dan Aus

Untuk mengatasi gigi transmisi mobil loncat adalah menemukan komponen rusak. Periksa transmisi Anda secara menyeluruh untuk mengetahui apakah ada komponen yang menunjukkan tanda-tanda penuaan, seperti roda gigi yang aus, ring yang rusak, atau kerusakan pada synchromesh.

Pastikan memilih suku cadang yang sesuai dengan spesifikasi mobil Anda karena menggunakan komponen yang salah dapat memperburuk kondisi transmisi. Setelah mengetahui komponen apa yang bermasalah, segera ganti dengan yang baru.

Konsultasikan dengan mekanik profesional jika Anda tidak yakin bagian mana yang harus diganti. Mereka memiliki pengetahuan dan sumber daya yang diperlukan untuk menangani masalah transmisi.

  • Lakukan Perawatan Secara Berkala

Jangan sampai melewatkan perawatan berkala untuk mobil kesayangan Anda. Perawatan rutin dapat membantu menemukan masalah dan mencegahnya menjadi masalah yang lebih serius.

Oleh karena itu, oli transmisi harus diganti sesuai dengan rekomendasi produsen mobil. Oli yang kotor atau dengan volume yang berkurang dapat menyebabkan gesekan yang berlebihan pada roda gigi.

Periksa transmisi mobil Anda di bengkel setiap enam bulan. Ahli mekanik akan melihat apakah ada tanda-tanda kerusakan atau keausan pada komponen transmisi.

Meskipun mungkin tampak seperti biaya tambahan, perawatan rutin mobil sesuai dengan rekomendasi produsen adalah investasi yang menguntungkan untuk mencegah kerusakan yang lebih mahal di masa depan.

  • Kemudikan Mobil dengan Baik

Cara mengemudi dapat memengaruhi kondisi transmisi mobil, jadi Anda harus mengemudikan mobil dengan benar agar gigi transmisinya tidak loncat. Sebelum meningkatkan kecepatan, lakukan penggantian gigi dengan lembut dan pastikan gigi benar-benar masuk.

Cobalah untuk melambat atau mempercepat dengan halus. Mempercepat atau menghentikan mobil secara tiba-tiba dapat meningkatkan tekanan pada transmisi. Pastikan mobil telah dihentikan sepenuhnya sebelum mengubah gigi dari maju ke mundur atau sebaliknya. Kerusakan pada roda gigi dapat terjadi jika gigi diganti saat mobil tetap bergerak.

Setelah menyimak ulasan mengenai gigi transmisi mobil loncat, pastikan selalu memperhatikan kondisi mobil Anda. Kendarai mobil dengan baik dan benar, supaya tidak terjadi masalah pada komponen pentingnya. Jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan rutin agar mobil selalu dalam kondisi yang prima.

Banner Cortez CT Mobil Keluarga Terbaik