Fungsi Kampas Ganda Mobil & Cara Merawatnya | Wuling

Auto Tips

Fungsi Kampas Ganda Mobil & Cara Merawatnya

30 Januari, 2023

Image Fungsi Kampas Ganda Mobil & Cara Merawatnya

Sebagai pemilik kendaraan, Anda pasti sudah tidak asing dengan komponen kampas ganda. Kampas ganda atau biasa disebut dengan kampas kopling merupakan komponen pada mobil manual yang berfungsi untuk memindah daya dengan cara mentransfer tenaga putaran mesin dari flywheel ke transmisi.

Kampas ganda mobil memiliki peran yang sangat penting bagi mobil manual pada saat melakukan perpindahan gigi. Jika komponen ini rusak, maka mobil tidak dapat berfungsi dengan baik.

Lantas apa saja fungsi kampas ganda mobil dan bagaimana cara merawatnya agar awet? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Pengertian Kampas Ganda

Kampas ganda atau kampas kopling adalah komponen pada mobil yang berbentuk seperti piringan dengan fungsi untuk memindahkan daya. Komponen ini sangat penting bagi mobil karena dapat menyalurkan tenaga putaran mesin dari flywheel menuju transmisi. Tanpa adanya komponen ini, mobil manual tidak dapat dijalankan.

Fungsi Kampas Ganda pada Mobil

Fungsi Kampas Ganda pada Mobil

Beberapa fungsi kampas ganda pada mobil antara lain:

1. Memutus dan Menyambungkan Tenaga Putaran Mesin ke Transmisi

Kampas ganda mobil berperan dalam memutus serta menyambung tenaga putaran mesin ke transmisi. Caranya, kampas ganda tersebut memutar input shaft transmisi saat penyaluran tenaga terjadi. Dalam hal ini, posisi kampas ganda sudah terpasang pada input shaft transmisi.

Saat mesin berputar, tenaga putar mesin akan memutar flywheel kemudian menyalurkan ke clutch cover. Kemudian ketika pedal kopling diinjak, clutch cover akan merenggang dan tenaga mesin akan terputus. Sebaliknya, saat pedal kopling dilepas maka clutch cover akan merapat dan tenaga mesin akan tersalurkan.

2. Meredam Getaran

Fungsi kampas ganda berikutnya adalah meredam getaran atau hentakan saat terjadi pemutusan atau penyambungan tenaga putar mesin ke transmisi. Ketika getaran bisa diredam, maka kemungkinan slip yang terjadi pada kampas kopling dapat diminimalisir. Hal ini membuat tenaga yang berpindah ke transmisi tetap stabil.

3. Memperhalus Transfer Tenaga Putar ke Transmisi

Kampas ganda juga berfungsi untuk membuat tenaga putar mesin yang berpindah ke transmisi mobil menjadi lebih halus. Ketika mobil mengalami akselerasi atau deselerasi maka perputaran mesin akan berubah drastis. Dengan adanya kampas ganda, maka transfer tenaga putar menjadi lebih halus dan slip bisa dicegah.

Komponen Kampas Ganda

Komponen Kampas Ganda

Kampas ganda terdiri dari beberapa komponen yang menyertainya, antara lain:

  • Clutch hub: penghubung antara kampas kopling dengan input shaft transmisi
  • Torsion dumper: peredam hentakan saat kopling mentransfer putaran
  • Disc plate: penahan beban saat mobil dijalankan
  • Facing: berfungsi untuk memperbesar gesekan
  • Cushion plate: dudukan kampas kopling
  • Paku keling: tempat menyatukan komponen pada kampas ganda

Cara Merawat Kampas Ganda

Mengingat kampas ganda memiliki fungsi yang vital pada kendaraan, maka perlu dirawat dengan baik. Berikut cara merawat kampas ganda yang tepat:

  1. Hindari menginjak kopling mobil bersamaan dengan rem
  2. Lakukan servis secara rutin dan berkala
  3. Bersihkan kampas ganda secara rutin untuk menghilangkan kotoran yang menempel

Itulah penjelasan lengkap mengenai fungsi kampas ganda mobil serta cara merawatnya agar tidak cepat rusak. Dengan melakukan perawatan berkala, maka Anda tidak perlu terlalu sering mengganti kampas ganda yang tentunya membutuhkan biaya tidak sedikit.

Banner Cortez CT Mobil Keluarga Terbaik