Fungsi Headlamp Mobil Komponen Serta Beragam Jenis | Wuling

Auto Tips

Fungsi Headlamp Mobil, Komponen Hingga Jenis yang Tersedia

21 Maret, 2023

Image Fungsi Headlamp Mobil, Komponen Hingga Jenis yang Tersedia

Demi menjaga keselamatan saat berkendara, mobil dilengkapi dengan berbagai komponen. Lampu adalah salah satunya. Komponen yang satu ini memiliki peran penting terutama untuk mendukung aktivitas berkendara saat minim cahaya. Tidak hanya menerangi jalanan yang gelap, lampu juga berfungsi untuk memperbaiki jarak pandang ketika hujan lebat hingga memberi isyarat kepada pengemudi lainnya.

Nah, lampu kepala atau headlamp mobil adalah salah satu jenis lampu mobil. Apa itu headlamp mobil dan apa saja jenis dan teknologi di balik headlamp? Temukan semuanya di artikel ini!

Pengertian Headlamp Mobil

Headlamp pada mobil adalah lampu yang dipasang di bagian depan mobil untuk menerangi jalanan di bagian depan mobil. Karena ada di bagian depan, maka sering disebut lampu kepala. Selain itu, sering pula disebut headlight. Tapi sebenarnya untuk perangkatnya lebih tepat disebut headlamp. Sedangkan headlight lebih menjelaskan pancaran cahayanya.

Perbedaan Headlamp dengan Foglamp Mobil

Headlamp adalah lampu utama mobil yang letaknya di depan dan biasanya berukuran paling besar. Gunanya untuk menerangi jalan di depan mobil dalam jarak yang jauh.

Fog lamp atau lampu kabut juga terletak di depan dan biasanya ada di belakang juga, tepatnya di bawah bemper. Guna fog lamp adalah untuk menerangi jalan saat kondisi berkabut, khususnya jalanan yang jaraknya tak jauh dari mobil.

Fungsi Headlamp Mobil Komponen Hingga Jenis yang Tersedia 1 1000x563

Fungsi Headlamp Mobil

Fungsi utama headlamp mobil tentunya untuk memancarkan cahaya ke bagian depan mobil, supaya pengemudinya bisa lebih aman berkendara. Headlamp utamanya akan berguna dalam kondisi pencahayaan yang gelap ketika Anda berkendara, misalnya di malam hari atau saat kondisi berkabut hingga penglihatan terganggu yang dapat membahayakan pengemudi.

Komponen Headlamp Mobil

Headlamp mobil memiliki beragam komponen, yaitu:

  • Aki, yang berfungsi sebagai baterai yang menyuplai listrik sebagai energi pencahayaan mobil
  • Rangkaian kabel, yang menghantarkan aliran listrik dari aki ke lampu.
  • Sekring, untuk mengamankan sistem kelistrikan.
  • Main switch, yaitu saklar utama untuk memutus/menyambung arus listrik.
  • Combination switch, untuk mematikan dan menyalakan lampu.
  • Relay, untuk mengamankan combination switch.
  • Lampu low beam, lampu yang daya listriknya mulai dari 50 W – 90 W untuk lampu jarak dekat.
  • Lampu high beam, lampu yang dayanya mulai dari 60 W – 100 W untuk lampu jarak jauh.

Ragam Teknologi Headlamp Mobil

Mobil keluaran baru biasanya dilengkapi dengan teknologi LED yang cahayanya berwarna putih dan sangat terang. Tapi selain itu ada teknologi lain yang lebih baru, antara lain adalah:

  • Matrix LED: menggunakan pola matrix yang mampu memancarkan sinar dengan berubah-ubah. Teknologi ini menggunakan sistem kamera yang dapat memantau jalanan di depannya.
  • Adaptive Headlight: fitur teknologi yang biasa digunakan di lampu LED. Kelebihannya adalah sangat adaptif mengatur pencahayaan sesuai permukaan jalan yang sedang dilalui mobil.
  • Laser: teknologi terbaru yang jauh lebih terang dari jenis lampu sebelumnya. Pencahayaannya pun sangat jauh, hingga mencapai 600 m.

Jenis Headlamp Mobil

Jenis Headlamp Mobil

Sebagai penerang jalan, intensitas cahaya headlamp mobil bervariasi tergantung jenis lampunya. Ada beberapa jenis lampu headlamp mobil, diantaranya:

1. Lampu Halogen

Lampu depan halogen mengandung filamen tungsten tipis yang dikelilingi oleh gas halogen. Lampunya berada dalam filamen kaca yang sangat tahan lama, bahkan terhadap suhu tinggi sekalipun. Bentuknya hampir seperti lampu bohlam filamen yang banyak digunakan sebelum halogen. Bedanya hanya lampu ini menggunakan gas halogen seperti bromida dan iodida.

Bohlam halogen juga sangat mirip dengan bohlam listrik yang digunakan untuk keperluan rumah tangga. Bohlam biasa menggunakan kawat filamen yang memanas dan memancarkan cahaya. Sedangkan, lampu halogen menggunakan lampu halogen untuk menambah tingkat kecerahan.

2. HID

HID atau High Intensity Discharge, yaitu sejenis lampu yang menghasilkan cahaya dengan melepaskan gas listrik dengan memanfaatkan busur listrik. Letaknya di antara elektroda tungsten yang berada di antara tabung transparan.

Lampu HID sering juga disebut sebagai lampu xenon. Alih-alih menggunakan filamen seperti lampu halogen, HID menghasilkan cahaya melalui proses pengapian gas xenon. Intensitas cahaya HID lebih terang dibandingkan lampu halogen.

3. LED

LED adalah jenis lampu yang saat ini paling banyak digunakan, tidak hanya untuk mobil dan kendaraan saja, tapi untuk berbagai kebutuhan sehari-hari. Lampu LED dikenal dengan cahayanya yang sangat cerah dan jelas. Singkatan dari kata Light Emitting Diodes, LED disebut-sebut sebagai lampu yang cahayanya paling terang saat ini.

Teknik pencahayaan LED menggunakan teknologi semikonduktor sederhana yang dilewati arus, kemudian akan terpancar cahaya dari sana. Arus dalam semikonduktor mengalir dalam satu arah saja.

Salah satu kelebihan LED adalah lebih hemat energi karena energi yang diambil dari baterai hanya sedikit, kalau dibandingkan dengan halogen dan lampu xenon. Karenanya mobil terbaru saat ini banyak yang menggunakan headlamp model LED.

Seperti mobil SUV compact Wuling Alvez yang baru diluncurkan beberapa waktu lalu dalam pameran Indonesia International Motor Show 2023. Mobil ini memiliki headlamp LED DRL terbaik. Selain memberikan pencahayaan yang maksimal dan aman saat berkendara, penempatan lampu LED di Wuling Alvez membuat tampilannya terlihat lebih modern dan stylish.

4. Matrix

Lampu matrix adalah teknologi yang lebih maju dari LED. Lampu matrix terdiri dari beberapa cahaya LED yang lebih kecil yang bekerja sama untuk di dalam satu headlamp. Semua LED yang ukurannya lebih kecil ini dikontrol secara independen. Lampu matrix sering disebut sebagai lampu pintar.

5. Laser

Penggunaan laser adalah teknologi yang terbaru dalam industri automobil. Headlamp laser terdiri dari satu atau lebih dioda laser yang terpasang di dalamnya. Inilah yang memancarkan laser biru dan kemudian ditembakkan ke fosfor kuning, mirip dengan proses dalam lampu LED putih.

Cahaya putih yang dihasilkan lampu laser sangat kuat dan cerah. Cahaya ini kemudian dipantulkan dari reflektor keluar dari lampu depan ke arah depan mobil. Cahaya headlamp laser mampu mencapai 600 m di depan mobil, 2 kali lebih jauh dari lampu LED konvensional.

Demikian penjelasan apa saja fungsi headlamp pada mobil Anda. Secara umum headlamp berfungsi untuk menerangi jalan ketika berkendara di malam hari dan tentunya berfungsi untuk memperbaiki jarak pandang pengemudi ketika sedang berkabut. Itulah mengapa komponen ini perlu bekerja dengan baik.

Banner Cortez CT Mobil Keluarga Terbaik