Teknik Wrapping Mobil: Pengertian, Jenis, dan Biaya | Wuling

Auto Tips

Teknik Wrapping Mobil: Pengertian, Jenis, dan Biaya

30 Agustus, 2024

Image Teknik Wrapping Mobil: Pengertian, Jenis, dan Biaya

Teknik wrapping mobil telah menjadi populer di kalangan pemilik kendaraan yang ingin memberikan tampilan baru pada mobil mereka tanpa harus mengecat ulang. Proses mengecat ulang, terkadang membutuhkan banyak waktu dan biaya sehingga para pemilik mobil yang ingin mengubah tampilan luar memilih berbagai alternatif.

Selain itu, wrapping mobil memiliki banyak variasi sehingga Anda dapat mengaplikasikan berbagai desain pada bodi mobil meski desain yang dipilih tersebut cukup rumit. Berbeda dengan mengecat mobil yang terkadang akan sangat susah dan banyak biaya bila menggunakan variasi banyak warna dan desain yang rumit. 

Menggunakan teknik wrapping mobil, proses ini tidak hanya menawarkan estetika yang menarik tetapi juga melindungi cat asli mobil. Selain itu dibandingkan dengan mengecat ulang, wrapping mobil ini bisa dilakukan dengan biaya yang lebih ekonomis.

Pengertian Wrapping Mobil

Wrapping mobil adalah teknik menutupi cat mobil dengan bahan vinyl khusus untuk memberikan tampilan yang baru. Proses ini melibatkan pemasangan lapisan vinyl yang dirancang untuk menutupi seluruh permukaan kendaraan, dari kap mesin hingga bumper. Wrapping dapat dilakukan untuk berbagai tujuan, mulai dari perubahan estetika, perlindungan cat asli, hingga promosi merek melalui desain grafis.

Jenis-Jenis Wrapping Mobil

Jenis-Jenis Wrapping Mobil

Ada beberapa jenis wrapping mobil yang tersedia di pasaran, masing-masing dengan karakteristik dan efek visual yang berbeda:

  • Vinyl

Banyak pengguna mobil menyukai vinyl, jenis sticker yang pertama ini, karena warnanya yang indah. Kesan mobil seperti baru keluar dari pabrik diberikan oleh stiker vinyl yang mengkilat. Karena harganya yang terjangkau dan kemungkinan warnanya akan memudar, jenis sticker ini dianggap sebagai kelas semi premium dari segi kualitas.

  • Chrome

Chrome adalah jenis pelapis mobil lainnya. Meskipun mahal, jenis ini memiliki struktur warna yang dapat membuat mobil tampak lebih berkilau saat terkena sinar matahari. 

  • Carbon

Anda dapat memilih pelapis carbon, yang memiliki tekstur doff dan warna yang lebih gelap, jika Anda tidak menginginkan bodi mobil yang berkilau terang. 

Proses Wrapping Mobil

  • Persiapan Mobil

Mobil dibersihkan secara menyeluruh untuk menghilangkan kotoran, debu, dan minyak agar vinil dapat menempel dengan baik.

  • Pemasangan Vinyl

Vinil yang telah dipotong sesuai ukuran mobil dipasang dengan hati-hati. Proses ini melibatkan pemanasan vinil untuk mengikut bentuk mobil dan menghilangkan gelembung udara.

  • Penyelesaian

Setelah vinyl terpasang, bagian-bagian yang berlebih dipotong, dan mobil diperiksa untuk memastikan tidak ada cacat atau gelembung.

Kelebihan Wrapping Mobil

Kelebihan Wrapping Mobil

  • Melindungi Bodi Mobil

Wrapping, seperti yang disebutkan sebelumnya, memiliki kemampuan untuk melindungi bodi mobil dari berbagai faktor yang dapat menyebabkan goresan, seperti debu atau gesekan dengan benda lain. Selain itu, wrapping juga melindungi cat mobil dari paparan sinar matahari yang berlebihan.

Jika mobil yang digunakan setiap hari tidak dibungkus, debu dapat menimbulkan goresan halus di bodi secara langsung. Goresan ini mungkin tidak terlalu jelas, tetapi lebih banyak juga akan muncul. 

  • Pemasangan Cepat

Untuk melindungi mobil Anda, bungkus atau stiker dapat menghemat waktu dan biaya perawatan daripada mengecat ulang. Pemasangan stiker biasanya hanya membutuhkan tiga hari untuk menutup seluruh bodi. Mengecat ulang adalah proses yang panjang dan dapat memakan waktu mingguan. 

  • Menjaga Nilai Jual Mobil

Wrapping berfungsi sebagai pelindung mobil dan membantu menjaga nilai jual (resale value) mobil meskipun sudah berusia. Karena stiker melindungi bodi dari goresan dan paparan sinar matahari ultraviolet, yang mengakibatkan penurunan warna cat.

Jika mobil masih berwarna asli atau tidak pernah dicat ulang, stiker tidak akan merusak cat. Namun, mobil yang pernah dicat ulang biasanya akan memiliki pernisnya.

  • Mencegah Jamur

Mobil yang digunakan setiap hari pasti akan terpapar panas, hujan, debu, dan cipratan air. Namun, karena banyaknya aktivitas, pemilik mobil terkadang tidak memiliki waktu untuk langsung membersihkan mobil mereka.

Akibatnya, kotoran yang menempel terlalu lama dapat menyebabkan jamur di bodi mobil yang sulit dibersihkan. Untuk mencegah jamur menempel pada bodi secara langsung, stiker digunakan.  

Kekurangan Wrapping Mobil

1. Bisa Ditilang

Salah satu kekurangan dari wrapping mobil adalah pemilik dapat ditilang polisi jika warna yang digunakan tidak sesuai STNK. Peraturan Polisi Nomor 7 tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor telah mengatur hal ini. Menurut Pasal 12, perubahan identitas kendaraan bermotor yang harus diregistrasikan meliputi:

  • Perubahan yang terjadi pada bentuk kendaraan
  • Perubahan yang terjadi pada fungsi kendaraan
  • Warna kendaraan berubah
  • Perubahan yang terjadi pada mesin kendaraan
  • Perubahan Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB)

Jika data tidak diperbarui dan dibiarkan saja, Anda berisiko dikenakan denda atau tilang. Selain itu, jika data kendaraan tidak akurat, pajak yang telah dibayarkan juga bisa dianggap tidak sah. 

2. Sulit Dilepas

Stiker mobil memiliki tingkat lem yang kuat sehingga tampak menyatu dengan bodi dan seperti warna aslinya. Jika Anda bosan dengan stiker Anda dan ingin menggantinya, melepasnya sendiri akan sulit.

Oleh karena itu, jika Anda ingin menghindari risiko tambahan, seperti cat mobil yang terkelupas, bawa mobil Anda ke bengkel untuk melepas stikernya. 

Berapa Biaya Wrapping Mobil?

  • Mobil kecil (hatchback atau Sedan): Biaya wrapping full body untuk mobil kecil biasanya berkisar antara Rp10 juta hingga Rp20 juta.
  • Mobil sedang (SUV atau MPV): Untuk mobil ukuran menengah, biaya wrapping full body bisa mencapai Rp20 juta hingga Rp35 juta.
  • Mobil besar (Van atau Truck): Wrapping untuk kendaraan besar dapat memerlukan biaya mulai dari Rp35 juta hingga Rp50 juta atau lebih.

Harga di atas dapat berbeda-beda tergantung dari kualitas serta bahan-bahan yang digunakan serta lokasi wrapping mobil yang Anda pilih.

Teknik wrapping mobil adalah alternatif untuk memperbarui penampilan kendaraan dan melindungi cat asli tanpa perlu proses pengecatan ulang. Dengan berbagai jenis vinyl yang tersedia dan variasi biaya yang tergantung pada beberapa faktor, pemilik mobil dapat memilih opsi paling sesuai kebutuhan dan anggaran mereka. Pastikan memilih penyedia layanan wrapping yang berpengalaman untuk memastikan hasil maksimal dan tahan lama.

Banner Cortez CT Mobil Keluarga Terbaik