Kenali Fungsi, Cara Kerja dan Cek Kampas Rem Mobil
15 Oktober, 2024
Punya mobil bagi sebagian orang memang menjadi kebanggaan tersendiri, apalagi memiliki mobil berkelas dan modern. Semakin mahal harga mobilnya biasanya memiliki fitur dan kelengkapan yang canggih. Fitur keselamatan menjadi salah satu fitur yang sangat perlu untuk diperhatikan dalam sebuah mobil, karena peranannya sangat luar biasa.
Jenis mobil apapun pasti memiliki komponen rem yang biasanya dilengkapi dengan kampas rem. Supaya Anda lebih mengenal pengertian , fungsi komponen rem mobil, baca penjelasan detail di bawah ini ya.
Fungsi Kampas Rem Untuk Mobil
Pengertian dari kampas rem mobil adalah komponen keselamatan yang memiliki peranan sangat penting pada sebuah mobil. Pada dasarnya, kondisi dari kampas rem haruslah dicek secara rutin buat memastikan kinerjanya tidak terganggu dan keselamatan berkendara tidak terancam.
Kampas rem mobil menjadi komponen yang fast moving, sehingga kampas rem pasti memiliki usia pakai. Namun saat mobil dipakai terlalu sering, maka komponen rem akan cepat rusak dan pastinya harus segera diganti dengan yang baru.
Cara Kerja Kampas Rem Mobil
Bagaimana kampas rem bekerja pada performa kerja mobil ? Berikut prosesnya:
- Ketika pengemudi menekan pedal rem, tekanan akan diteruskan melalui minyak rem ke kaliper.
- Selanjutnya, kaliper akan menekan kampas rem ke kedua sisi piringan cakram yang berputar bersama roda.
- Kemudian, akan terjadi gesekan yang menghasilkan panas antara kampas rem dan piringan cakram, sehingga menghasilkan panas dan gaya gesek yang cukup besar.
- Gaya gesek ini akan melawan putaran roda, yang membuat laju kendaraan melambat atau berhenti.
Jenis Kampas Rem Yang Perlu Anda Ketahui
1. Semi Metalik
Kampas rem semi metalik biasanya memiliki karakteristik yang oke, berdaya tahan lama dan sudah memiliki tipe transfer panas yang bagus. Dengan menggunakan jenis rem ini tentu Anda bisa mengatur laju mobil agar tetap stabil.
Secara umum kampas rem ini memakai material bahan dasar sintesis organik yang telah dicampurkan dengan olahan campuran metal. Dengan adanya campuran material inilah yang membuat kampas rem jenis ini memiliki daya tahan panas yang sangat bagus.
Apabila bahan metal yang dipakai lebih dari 50%, maka kampas rem akan membutuhkan gaya pengereman yang lebih besar. Namun kampas rem ini tetap recomended, karena daya tahannya sangatlah bagus. Kampas rem jenis ini sangat cocok untuk kegiatan mobil balap atau mobil dengan performa yang sangat tinggi.
2. Organik (Non Metallic)
Secara umum, kampas rem organik adalah kampas rem yang memiliki permukaan yang paling lunak dibandingkan dengan yang lainnya. Pembuatan kampas rem ini biasanya kombinasi dari resin, karbon, kaca, karet dan yang lainnya.
Dengan menggunakan jenis kampas rem ini, maka Anda tidak akan mendengar bunyi decit yang sangat mengganggu. Kampas rem ini dulunya menggunakan tambahan material asbestos, namun sekarang sudah dihilangkan karena adanya berbagai perdebatan.
Ketika menggunakan jenis kampas rem ini, maka harus mengeceknya secara rutin. Jangan sampai kampas remnya habis agar keselamatan Anda dalam berkendara bisa terjaga dengan baik dan kendaraan akan tetap stabil.
3. Non Asbes Organik
Kampas rem jenis ini menjadi tipe yang hampir sama dengan yang organik, karena jenis ini juga tidak menggunakan material asbestos lagi. Pada dasarnya, jenis kampas rem ini lebih bagus performanya di bandingkan kampas rem dengan jumlah metal yang tinggi.
Kinerja dari kampas rem ini juga sangat bagus dan membuat keselamatan berkendara terjamin. Namun Anda harus tetap melakukan pengecekan secara berkala, jangan sampai kampas rem habis dan akan ganggu kinerja dari mobil.
4. Keramik
Kampas rem yang terbuat dari bahan keramik disebut-sebut sebagai kampas rem terbaik dibandingkan dengan kampas rem yang dijelaskan sebelumnya. Kampas rem jenis ini biasanya diterapkan pada mobil-mobil mewah, karena harga kampas jenis ini lumayan mahal.
Karena terbuat dari bahan keramik tentu kampas rem ini tidak akan meninggalkan ampas residu dan tidak akan menimbulkan bunyi yang mengganggu dan penggunaan kampas rem ini tidak akan membuat rotor mobil menjadi rusak.
Cara Cek Kampas Rem Mobil Sudah Habis atau Belum?
Kampas rem mobil yang harus segera diganti biasanya akan menimbulkan bunyi berdecit pada saat proses pengereman dilakukan. Bukan cuma itu, kampas rem yang harus segera diganti juga bisa dilihat dari kondisi fisiknya. Silahkan Anda cek bagian piringan dan kaliper rem.
Kampas rem cakram biasanya memiliki plat tipis berfungsi sebagai penanda bahwa kampas rem mulai menipis. Jika plat kecil tersebut bergesekan dengan piringan cakram, maka akan menimbulkan bunyi yang berdecit. Jika melihat bagian plat menempel dengan piringan cakram, maka Anda perlu segera mengganti kampas rem dengan yang baru. Fungsi piringan cakram itu sendiri adalah sebagai permukaan gesek saat proses pengereman.
Ketika kampas rem mulai menipis tentu tidak akan terlihat dengan jelas saat roda dibuka dan saat menemukan kondisi yang seperti ini, maka Anda harus mengganti kampas rem dengan yang baru. Pada saat kampas rem akan diganti, pastikan bagian kaliper dan piringan cakram dibersihkan terlebih dahulu.
Dengan pembersihan yang baik, maka area rem akan lebih terbebas dari berbagai tumpukan kotoran yang berupa residu atau sisa kotoran kampas rem. Jika tidak dibersihkan akan menghambat dan mengganggu kinerja rem selanjutnya. Jika kotoran sudah bercampur dengan air, maka akan sangat mengganggu kinerja dari kampas rem.
Nah, berkendara dengan New Cortez membuat Anda lebih aman berkat adanya fungsi rem cakram di depan dan di belakang dengan memiliki genggaman di jalan yang kokoh. Kendaraan MPV ini sudah dilengkapi fitur keamanan lainnya seperti ABS dan EBD untuk mengoptimalkan ban saat terjadi pengereman pada mobil.